Sabtu, 29 Juni 2013

Keuntungan dan Kekurangan Mengganti Domain


Teknologi, (AnakDetik) - "Sebuah tindakan macam apapun pasti memiliki resikonya sendiri-sendiri" pernyataan singkat ini akan menjadi pedoman untuk ulasan topik kita saat ini.

Kadang kala kita ingin membuat blog yang kita punya terlihat secara profesional dengan penggunaan nama domain yang simple seperti ; www.anak-detik.blogspot.com menjadi www.anak-detik.com, tapi dikarenakan keterbatasan biaya dan dompet yang terlihat tipis membuat sebagian blogger mengurungkan niatnya untuk mengganti domain, tapi apakah ada penyedia domian gratis untuk para blogger? jawabnya ada, selain itu apa sajakah kekurangan dan kelebihan menggunakan domain gratis. berikut diantaranya kelebihan dan kekurangan menggunakan domain gratis :


A. Keuntungan Memakai Domian Gratis

  • Nama domain kita lebih mudah dihapal/diingat pembaca dikarena tidak ada lagi embel-embel subdomain.
  • Blog kita akan tampil lebih profesional. Dengan mengganti TLD (Top Level Domain) dan akan dianggap lebih profesional dibandingkan dengan memakai sub domain blogger blogspot. Pengunjung atau masyarakat akan lebih percaya dengan blog anda ketika tidak lagi memakai domain gratisan dari blogger.
  • selama ini hosting masih gratis dari google . Apabila domain blogspot anda telah memakai domain berbayar, apakah hostingnya juga harus berbayar juga? Jawabannya tidak, walaupun domain sudah berubah akan tetapi anda masih masih bisa memakai hosting blogger yang gratis dan tanpa batas. Coba apabila anda memakai hosting berbayar, maka semakin tinggi aktifitas blog atau website anda maka hosting yang dibutuhkan pun semakin banyak dan tentu harga hosting akan semakin tinggi.

B. Kekurangan Memakai Domain Gratis

  • Akan terasa lelet pada saat digunakan
  • Kurangnya SEO Friendly ( dikarenakan penggunaan yang tidak memakai biaya cenderung tidak diperhatikan google )
  • terdapat beberapa problem seperti layanan blog rusak (Hang), dari beberapa blog yang awak AnakDetik telusuri, beberapa pengguna yang telah mengganti domian mereka mengeluhkan seringnya terjadi penggantian domian secara tiba-tiba. 
  • Untuk blog yang telah memiliki rank pada saat menggunakan domain blogspot disarankan untuk memikirkan kembali pada saat ingin mengganti domain kalian, dikarenakan rank akan kembali menjadi "0" seperti Ketika Global Rank sewaktu anda memakai sub domain blogspot sangat bagus, maka saat anda berganti domain global Rank Alexa Anda akan terjun bebas alias No Data. tapi itu semua bisa diatasi. Dengan kembali mengupdate postingan secara berkala.
  • Backlink yang selama ini kita kumpulkan menjadi hilang, untuk mengembalikanya auto ping secara berkala. Anda bisa menggunakan layanan auto ping online.

Demikianlah ulasan mengenai Kelebihan dan kekurangan menggunakan domian secara gratis, kami harapkan dengan ulasan diatas dapat menjadi bahan pertimbangan pada saat ingin menggunakan domian secara gratis.

Note : seorang blogger yang menggunakan blogspot, Sebaiknya tidak perlu membeli hosting. Cukup kontrak saja domain yang anda inginkan. Sebab, sampai sejauh ini hosting gratis dari google masih berlaku walaupun belum ada ketentuan pemakaiannya.
 
Copyright © 2013. AnakDetik . All Rights Reserved
Design by Admin Momon . Published by Borneo Templates